Copyright © Catatan Kosong
Design by Dzignine
Kamis, 13 September 2012

Maba Diary Part 1

It's all about my celebration to be Mahasiswa Brawijaya University 

PK2MU (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas) atau secara umum lebih dikenal dengan nama ospek sudah selesai aku lalui. wait. tapi belum selesai semua. Ini baru ospek universitas dan ospek fakultas. Dan sekarang yang lagi in progress adalah ospek jurusan. Banyak ospeknya ya. Ospek universitas hanya berlangsung satu hari. Ospek fakultas berlangsung 3 hari. Dan ospek jurusanku ini kabarnya 2 bulan, tapi tiap hari sabtu dan minggu saja. Lamanya ospek jurusan ini tergantug masing-masing jurusan. Senyum2 aja deh gue.
Tapi seru juga ini ospeknya. Bayanganku sebelumnya, ospek jurusan ini akan menjadi awal dari masa penderitaanku, aku membayangkan ospek jurusan sebagai ajang perpoloncoan tak jelas gitu. Ternyata aku salah. Untuk jurusanku sendiri aku ngrasa nih ospek jurusan kegiatannya tuh lebih bermanfaat. Dijurusanku, pada pekan pertama ini di isi dengan rangkaian kegiatan yang judulnya STULABO. Apa itu? Studi Laboratorium. Bahas ntar aja kali ye. 

Ospek Universitas/PK2MU di kampusku hanya berlangsung satu hari. Hari itu adalah hari peresmianku sebagai mahasiswa. Cakep ya. haha ospek universitasku masih gampang. Tugas-tugasnya antara lain: membuat nametag yang sesuai dengan format yang telah ditentukan, nulis visi, misi, sejarah, hymne, mars, dan denah universitas, nulis lirik lagu Buruh Tani sama Darah Juang. Keren lho lagunya. Coba seek di gugel deh. Terus suruh pake pita, bawa buku tulis, alat tulis, roti, air mieral 600 ml sama air 1500 ml buat wudlu yang semua merk Patriot Brawijaya, bawa sandal jepit, kresek, koran, sama alat ibadah. dan yang paling wah adalah membuat sebuah essay tentang peran mahasiswa sebagai agent of change, social control, and iron stock. Mikir keras bikin itu. ckckck akhirnya banyak yang hasil copasan haha 

Alhamdulillah sih ospek universitas ini nggak ketat. yaiya juga mana mungkin dari ribuan mahasiswa mau diteliti satu2. Tahun ini UB menerima 14.378 mahasiswa baru [*semoga nggak salah angka] Banyak ya. makanya upacara dibagi 2 hari. Untuk hari pertamanya maba dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu Nusantara 1 dan Nusantara 2. Pengelompokan ini untuk memudahkan dalam mengikuti acara lanjutan seusai upacara. Nusantara 1 ke gedung Samantha Krida dan Nusantara 2 ke GOR Pertamina UB. disanalah para maba digodok selama seharian untuk duduk, menyimak, dan mendengarkan narasumber2 didepan. Hanya tinggal menyiapkan pant*t bisa senyaman mungkin sama karpet. karena ospek universitas ini indoor, lebih banyak acara duduknya. Bawa bantal gapapa kali ya. hah udah telat. Ospek ku ini lebih ke pembentukan mindset kepada semua maba untuk bangga menjadi keluarga Patriot Brawijaya dan mengajarkan semangat nasionalisme untuk memajukan negara boy*and ini. Berat nyebutnya. Indonesia negaraku, Negara keren yang memiliki sejuta pesona alam yang memikat, kaya sumber daya alam dan kaya budaya. Negara yang seburuk apapun citranya akan tetap kucintai. Insya Allah 

Ospek hari itu dihadiri banyak narasumber hebat yang inspiratif, mulai dari wakil menteri perdagangan bapak Bayu Krisnamurthi, bupati Blitar bapak Herry Noegroho, hadir pula anggota dewan. Hadir pula profesor2 yang super wew dan macem2 orang yang sudah sukses. Nggak nyelip tentu saja pengenalan macem2 jajaran di Universitas Brawijaya dan Organisasi-organisasi resmi didalamnya, seperti EM[Executive Mahasiswa], BEM[Badan Executive Mahasiswa, adeknya EM], UKM[Unit Kegiatan Mahasiswa,kayak Excul] dan lain2. Namanya juga Pengenalan Kehidupan Kampus. 

Pas istirahat setelah jam sholat duhur ternyata maba dapet konsumsi. haha yes makaaan! kirain seharian bakal cuma makan roti yang suruh bawa dari rumah itu. Ternyata kakaknya baik kami dikasih makan :D 
Jam 5 pas maba dipulangkan. para maba diatur sendiri2 siapa saja yang pulang lewat gerbang di Jl Veteran dan siapa saja yang pulang lewat gerbang Jl Soekarno Hatta. 2 gerbang utama kampus. Pas pulang para maba di iringi jargon2 dari kakak2 tingkat tiap fakultas disepanjang jalan keluar. Keren. I feel that they were so welcome and protect us.

Dan hari itu berakhir dengan indah dan melelahkan. banyak motivasi yang menancap dihati, sampe overload motivasi malah [emang ada?] Kesokan harinya, giliran maba yang upacara hari ke2 yang jadi peserta. maba hari pertama libur. aseek. tapi tetep aja ngerjain tugas ospek fakultas. kasian yang ospek universitas hari ke2 ini, karena kerjanya jadi terusan. alhamdulillah aku hari pertama jadi ada tenggang waktu 1 hari buat bernafas nyiapin ospek fakultas yang kabarnya akan lebih ketat. Iya ternyata memang lebih ketat memang. 

To be continue…

2 komentar:

Tolong komentarnya sopan dan bahasanya yang wajar-wajar saja dan kalau bisa nyambung. Maturnuwun ^^