Copyright © Catatan Kosong
Design by Dzignine
Selasa, 22 Mei 2012

Tips Jadi Anak Kost Cerdas

Musim tahun ajaran baru sebentar lagi telah tiba.Biasanya nih bentar lagi bakal bermunculanlah anak2 kost baru yang akan menambah kepadatan kota2 besar di Indonesia ini.Cewek-cowok dari berbagai daerah akan mengais ilmu di sekolah2, perguruan tinggi, dan sebangsanya yang rata2 pasti nanti jauh dari orang tua. Mereka yang biasa mandiri, so what? no problemo, tapi yang gak biasa mandiri macam saya waktu ntu, wah bisa jadi shock tu jadi anak kost.

Sedikit curhat, dulu saya dari SMP pindah ke SMA (yaeyalah). ketika SMA saya sudah mencicipi yang namanya kost. Saya berasal dari SMP kecil pinggiran (tapi gak minggir2 amat) dan terhitung maju ditempat saya. Jadi ceritanya berkat motivasi guru2 saya melanjutkan sekolah di kota. Masih kota kecil dan tidak begitu jauh dari daerah asal. Sebenarnya itu hal yang biasa aja sih.Saking aja saya agak lebay hehehe

Berdasarkan pengalaman menjadi anak kost selama 3 tahun ini, saya akan mencoba berbagi pengalaman dan tips agar menjadi anak kost yang cerdas, baik, dan benar.

1. Kenali lingkunganmu dan penghuni2 kostmu
Yang ini wajib. Kalo tak kenal maka tak sayang. Biasanya di kota besar tingkat individualismenya tinggi. Tapi tak ada salahnya kamu mencoba untuk ramah and sok akrab sama orang2 di sekelilingmu itu. karena bagaimanapun mereka akan bersamamu sampai 3 atau 4 tahun mendatang. kecuali kalo kamu pindah2 kost. tapi sebenernya pindah kost itu kurang manfaat deh. tiap kost yang harga per bulannya setara, fasilitasnya itu juga pasti setara. tiap kost selalu punya kelebihan dan kekurangan masing2. yang penting kamu nyaman dengan orang2 di sekelilingmu. itulah kunci utama biar kerasan.orang-orang itulah yang nanti akan kamu mintai pertolongan semisal kamu sakit dan harus beli obat diluar, atau uang kiriman ngaret dan kamu harus ngajakin pacar malam mingguan.so, yang rukun ya sama serumah kost. walaupun mereka pasti orangnya macem2. pasti ada yang cocok and ada yang gak cocok sama kamu. disitulah kamu nanti akan belajar menjadi dewasa dan menghargai perbedaan. jangan kalo gak cocok langsung di buat musuh. gak asek kale merantau ke tempat orang kok dapet musuh. mending kalo gak cocok gitu bersikapnya biasa aja deh. lebih baik lagi diem aja or ngomong ma dia seperlunya aja. tapi ramah dan sok akrabnya tetep kalo bisa diijaga. yah pokoknya jangan di coment atau ngrecokin dia deh sebatas dia masih menyebalkan tingkat dasar. Untuk perkenalan awal dengan penghuni kost lain, kamu bisa membawakan makanan ringan atau apalah buat penghuni kost deket kamarmu sbg tanda persahabatan gitu. Untuk percakapannya mungkin kamu bisa membahas tentang gimana ibu kost itu?ada piket kuras kamar mandi or gak?makanan yang murah dimana?dsb. karang aja sesuai kreativitas kamu :)

2. Bikin buku pembukuan pribadi
Bagi yang gak biasa dipegangin uang dalam jumlah banyak, biasanya sering lost control dalam beli-beli kebutuhan. Mengantisipasi hal itu kamu harus bikin manajemen kecil2an. Manajemen diri sendiri itu penting lho. That's why buat buku pembukuan! Catat kebutuhan apa saja yang kamu perlukan. Kelompokan berdasarkan kebutuhan primer,sekunder,dan tersier. Pastikan kebutuhan primermu terpenuhi dulu.kebutuhan primer anak kost misalnya: sandang, pangan, papan (teteep), tuh uang kost kudu udah dibayar, makanan yg diutamakan adalah makanan pokok. Rem dulu jatah buat beli snack ato camilan2 lain. Kalo mang ada sisa baru buat beli snack.
kalo gak dicatat, pada akhir pekan biasanya kita gak sadar tau2 duit habis tapi lupa habis buat beli apa aja. Rempong kan --"

3. Jangan gengsi
Cukupilah kebutuhanmu berdasarkan kapasitas uang sakumu. Ini penting.when u don't have money, and your friend ask u to accompany him/her have breakfast/dinner/lunch in restaurant, don't be shy to admit that u are really 'bokek'. Terus terang ajalah! Orang yg nurutin yg namanya gengsi hidupnya gak akan tenang. Mugkin hidupnya lebih tenang ketika gengsinya terpenuhi.tapi itu hanyalah ketenangan sesaat.

4. Kompak dengan temen sekamar
nah! ini yang sebetulnya saya sendiri belum pengalaman.kemarin soalnya saya sendirian di kamar kostnya.one room one person. ini tp ada contekan dari kampus okezone kalo mau jadi teman sekamar yang baik bagi kamu yg kostnya one room two person.katanya gini :

Jaga kamar kos tetap bersih

Bisa jadi kamu dan teman sekamar tidak menganggap penting soal kerapihan dan kebersihan kamar. Tetapi, ketika kalian sudah terjebak dalam kekacauan di ruang yang terbatas tersebut, kalian pun akan merasa tidak nyaman.

Hormati privacy

Tidak ada yang lebih buruk daripada tidak memercayai orang yang hidup bersama kita. Buatlah aturan yang jelas dengan teman sekamarmu tentang topik-topik percakapan yang membuatmu tidak nyaman, atau tentang pinjam meminjam barang.

Komunikasi

Hubungan yang sehat berdiri di atas komunikasi yang efektif. Kamu tidak akan selalu menyukai teman sekamar, tetapi pastikan kamu menjelaskan kepada mereka apa yang mengganggumu ketimbang bersikap pasif agresif dan mendiamkan masalahmu dengan si roomie. Kunci pintu ketika malamJika kamu memercayai keamanan rumah kos dan lingkunganmu, maka itu adalah hal bagus. Tetapi tidak ada salahnya jika kita waspada dan menjaga keamanan diri sendiri, kan? Jadi, pastikan kamu mengunci kamar kosmu sebelum tidur.

Kunjungan teman

Memang menyenangkan dikunjungi teman jauh ketika akhir pekan tiba. Tetapi, masalahnya adalah, teman sekamarmu juga memiliki teman yang ingin berkunjung juga. Daripada menjadi masalah, lebih baik kamu menyampaikan rencana kedatangan temanmu itu kepada teman sekamar jauh hari sebelumnya. Dan mintalah dia untuk melakukan hal yang sama. Dengan begitu, kalian dapat memastikan bahwa tidak ada di antara kalian yang tidak nyaman dengan kehadiran orang lain.

Pacar

Meskipun teman sekamarmu kenal baik dengan pacarmu, bukan berarti kamu dan sang pacar bebas "sayang-sayangan" di depannya. Hal ini juga berlaku ketika kamu sedang bertengkar dengan sang pacar. Jangan sampai hubunganmu membuat teman sekamar tidak nyaman

5. Selalu ingatlah Tuhanmu dan orang tuamu
Ketika kost pasti pikiran pertama rata2 orang akan berpendapat "enak bisa bebas".ya ya ya.bebas tapi tetap terikat ya. Jangan sampe kebablasan. Maen ya maen. Nongkrong ya nongkrong. tapi ingatlah  tujuan utamamu kost untuk apa. Memudahkan kamu dalam mencari ilmu.okok? Ingat ortu juga yg udah gedein kamu tuh. Jangan sampai mengecewakan beliau dan menghancurkan kepercayaan romo dan ibu kamu.
Bagi yang muslim jangan pernah lupa sholat 5 waktu ya. Kalo ada temen sekamar ajak juga deh sholat berjamaah.27x lipat pahalanya. Lumayan cuy.

Semoga bermanfaat :)
Silahkan share kalo mau. Gak mau juga gpp.or tinggalkan jejakmu dengan komentar ya. Mugkin ada yg mau nambah tipsnya? Monggopun ^^

4 komentar:

Tolong komentarnya sopan dan bahasanya yang wajar-wajar saja dan kalau bisa nyambung. Maturnuwun ^^