Copyright © Catatan Kosong
Design by Dzignine
Kamis, 14 Juni 2012

Galau Jurusan

Fiuhh...
Lega sekali kemarin udah selesai ngadepin yang namanya SNMPTN tulis. aku pengen cerita banyak ini mulai dari titik dimana aku down gara-gara nggak keterima jalur SNMPTN Undangan sampai titik ini. (?)

Hari pengumuman SNMPTN Undangan barengan sama hari pegumuman kelulusan. menurut jadwal sebenarnya pengumuman undangan tanggal 28 Mei 2012 tapi ternyata dimajukan jadi 26 Mei. (itu namanya maju apa mundur?)
Pengumuman kelulusan,yeah gak begitu deg-degan gak tahu kenapa. Mungkin karena malem hari udah dapet bocoran kalo sekolahku lulus 100%. Alhamdulillah. haha. Waktu dapet SMS kalo pengumuman undangan bisa dilihat jam 5 hari itu,shock,langsung deg-degan,nggak sabaran,dan bawaanya nggak konsen kalo diajak ngomong/ditanya orang. Waduw ini pengumuman penting banget bagiku. Udah aku bela-belain waktu itu sampe nggak bisa tidur (baca:susah tidur) berhari-hari gara-gara galau harus milih mau ambil jurusan apa di undangan nanti. Tahun ini ada kesempatan pilih 4 jurusan dari 2 PT. masing-masing pilih 2 jurusan. kudu maen strategi.maen trik.dan kudu kesemua jurusan yang dipilih harus yang bener2 dipengenin. karena kalo misal diterima di jalur ini dan ternyata nggak diambil, nanti sekolah bakal kena blacklist.kan rempong.kasihan adek kelas. Setelah konsultasi sana-sini, browsing survey jurusan sampe pening, doa sampe jungkir balik yeah hasilnya aku waktu itu pilih Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sama Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya. UNS aku jadikan pilihan 1, ambil Psikologi. pilihan 2 nggak aku isi karena aku pengen ke UNS cuma karena psikologinya. maklum disana psikologinya IPA dan aku anak IPA yang pengen ambil psikologi.Walaupun daya tampungnya 13 biji doank entah kenapa aku nekat. pilihan 3 dan 4 aku ambil UNAIR Kesehatan Masyarkat sama Ilmu dan Teknologi Lingkungan.

5 menit mendekati jam 5 aku semakin resah.
Aku sampe ambil wudlu segala biar tenang. kemudian tet jam 5 aku langsung cek tuh pengumuman. cek pertama, tulisannya gagal. lemes. cek lagi, tetep gagal. lemes. cek lagi dengan lebih hati-hati, hasilnya sama. gagal. langsung badan meriang. waduuh. mantengin facebook, liat temen-temen update status keterima di ini di itu di anu di sana waduh ngilu di hati gue. salah juga akunya. terlalu berharap sama tu undangan. udah pede duluan sih. sombong mungkin ya, jadinya Yang Kuasa nggak mau ngasih yang aku pengen. langsung setelah pengumuman itu semalaman aku nggak bisa tidur.yang ini beneran bener-bener nggak bisa tidur. galau akut. aku kepikiran aduh SNMPTN tulis tinggal sebentar lagi, sedangkan akunya udah males berat sama yang namanya belajar soal-soal SNMPTN. susah. mau maksa tes buat jurusan psikologi takut. tuh jurusan kan banyak peminatnya. gradenya tinggi. aku males belajar. jadi aku takut gagal. (mental tahu.jangan ditiru!). dan jadilah aku semalaman browsing jurusan lagi nyari pelarian yang gradenya tidak terlalu tinggi dan peminatnya juga sedikit. setelah browsing semalaman hasilnya adalah buntu. kepalaku pusing. ba'da sholat subuh aku nyoba tidur. ternyata bisa.(yiha!)

Siang hari aku baru bangun. aku curhat sama orang tua sambil nangis darah merengek-rengek kayak kucing minta daftar lagi nyari jurusan yang sedikit peminat. sebelum pengumuman undangan sebenarnya udah daftar SNMPTN tulis dengan jurusan yang sama.psikologi UNS. hanya pilihan kedua aku isi Bioteknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Brawijaya. yeah gara-gara orang tua nurutin mauku akhirnya aku daftar lagi SNMPTN tulis dengan jurusan-jurusan yang rendah atau kurang extrim peminatnya. aku ambil IPC. pilihan 1 aku ambil UGM jurusan Ilmu Keperawatan Gigi. kedua ambil Ekonomi Syariah IAIN Sunan Ampel Surabaya, ketiga Universitas Negeri Jember ambil Pendidikan Biologi. huah lega habis daftar lagi. semangat belajar mulai menyala lagi. lalu.... lama-lama aku jadi ragu lagi. H-4 SNMPTN tulis, makin ragu. ambil yang daftar pertama apa yang kedua? mikir. dan diam-diam aku mengambil keputusan sendiri kalo aku mau tes yang daftaran kesatu. hahaha. H-1 demi kemantaban hati aku konsultasi via phone sama kakak sepupu yang biasanya aku panggilnya mas eric yang pernah kuliah Bimbingan Konseling. 2 kata yang aku inget waktu itu dan aku jadikan pedoman, aku harus siap menerima kemungkinan terburuk yang mungkin akan terjadi nanti.dan soal galau jurusan, semua udah ada jalannya masing2. intinya udah ada yang ngatur. yang pas aku lagi nyrocos gini:
aku, "nanti kerjanya gimana?dimana?ngapain?kuliahnya gimana?pelajarannya?"
jawabnya mas eric gini, "tujuan utama kuliah kamu itu mau ngapain sih?" diem mikir.
aku, "cari ilmu"
mas eric, " nah itu udah tau. kalau kamu mau kerja nggak usah kuliah deh. kalo mau kerja bisa kok nggak kuliah. ayah ibunya kamu nggak kuliah buktinya bisa kerja kan?bisa cari uang. bisa biayain hidup sekeluarga. sekarang kan kamu masih belum tau belajar jurusan ini itu kayak apa.sejauh ini masih tahu kulitnya doank. nanti kamu akan kenalan dari nol lagi. semua udah ada jalannya masing2. sebenernya apa aja tu kalo dijalani lama-lama pasti bisa suka kok. kan tak kenal maka tak sayang.kamu tahu kan dulu mas SMA jurusan apa?"
aku, "STM mas"
......................................

Well, akhirnya keesokan harinya aku benar-benar tes ambil pilihan yang pertama. orang tua tau dan marah sedikit. tapi alhamdulillah semua lancar. optimis dan tawakal. intinya sekarang tinggal berdoa semoga ini yang terbaik untukku dan semoga aku diterima di Psikologi UNS lewat SNMPTN Tulis ini. amiin ya Rab. pasrah...

3 komentar:

  1. akhirnya kuliah dimana kak? sama nih aku juga lagi galau jurusan. mampir blog ku dong arifaunsa.blogspot.com :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. akhirnyaa sekarang di biotek UB hihi :) yak dipikir bener2 sebelum memutuskan, pastikan kamu suka dengan matakuliah yang nanti dipelajari di pilihanmu.

      Hapus
  2. saya mahasiswa dari IT TELKOM SURABAYA


    Artikel yang menarik, bisa buat referensi ini .. terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus

Tolong komentarnya sopan dan bahasanya yang wajar-wajar saja dan kalau bisa nyambung. Maturnuwun ^^